Panti Asuhan Yatim
Nur Hidayah
Beranda » Seputar panti » Spirit tangan diatas lebih baik dari tangan dibawah
Selasa, 16 Juni 2015 - 13:32:18 WIB
Spirit tangan diatas lebih baik dari tangan dibawah
Diposting oleh : aspriyanto
Kategori: Seputar panti - Dibaca: 612 kali

Jika selama tinggal di panti anak asuh terbiasa menerima tali asih dari para donator berupa uang saku, santunan, shodakoh, hadiah dan lain lain, maka di program paska pengasuhan di panti Nur Hidayah mereka langsung diterjunkan di dunia kerja.
Merubah cara berfikir, untuk jangan punya ketergantungan dengan orang lain, bahkan kalo perlu dapat berguna untuk orang lain. Konsep tangan diatas lebih baik dari tangan di bawah dicoba untuk menjadi landasan program pelatihan keterampilan Asah Asih Nur Hidayah.  Dimulai dari niat untuk berguna bagi diri sendiri dan orang lain akan memotivasi semangat berjuang pada diri mereka.
Keterampilan live skill yang selama ini hanya dijalankan sebagai rutinitas, seperti mencuci, strika baju, piket dan lain lain, harus di rubah menjadi budaya yang mendalam bahwa bisa mengerjakan keperluan sendiri akan sangat menyenangkan. Sebagaimana ayat QS.        ‘ mukmin yang baik adalah mukmin yang berguna buat orang lain.
Input (masukan) dari para donator panti juga menjadi landasan bagi program kemadirian anak asuh. Bantuan yang diberikan dari para donator berupa sarana (kail) diharapkan akan menghasilkan sesuatu (ikan) guna keperluan dan bekal anak asuh dimasa mendatang.
Selanjutnya dengan selesainya masalah kebutuhan sehari2 mereka yang dapat di kerjakan sendiri, tinggal melengkapinya dengan karya tambahan agar berguna untuk orang lain. Semoga anak anak asuh dapat meresapi dan menghayati bekal kehidupan mereka dimasa depan.