Panti Asuhan Yatim
Nur Hidayah
Proses dan Tahap Pelayanan

Prosedur Penerimaan Anak Asuh :

  1. Pendaftaran ke panti asuhan disertai dengan dokumen
  • Fotocopy akte kelahiran, dan KK (kartu Keluarga)
  • Dokumen  sekolah (rapot, ijazah, sertifikat dll)
  • surat keterangan miskin dari kelurahan setempat,
  • surat kematian orang tua, dan
  • fotocopy surat nikah.
  1. Survey oleh team seleksi panti ke tempat tinggal untuk sekaligus wawancara orang tua/wali calon anak asuh.
  2. Rapat pengurus mempertimbangkan layak atau tidak untuk di asuh di panti asuhan.
  3. Apabila diterima, orang tua menandatangani surat pernyataan penyerahan hak perwalian kepada yayasan

Tahapan Pelayanan

Setiap anak Asuh yang baru masuk akan melewati tahapan pelayanan, sebagai berikut :

  1. Pengerasanan (Penyesuaian) 3 bulan pertama
  2. Pembiasan (Pola Pemantapan pengasuhan) 1 Tahun
  3. Pengembangan dan Pembentukan Karakter (s/d 5 Tahun)
  4. Optimalisasi (menentukan bakat dan kecendrungan dalam kapasitas yang baik)  

Semenjak tahun 2013 yayasan telah mempunyai 4 unit asrama panti asuhan, yang terdiri dari 2 unit asrama panti asuhan putra dan 2 unit asrama panti asuhan putri. Calon anak asuh yang diterima akan ditempatkan sesuai dengan jenis kelamin dan umur. Sistem tersebut diberlakukan karena penanganan anak asuh antara TK-SD tentu berbeda dengan usia remaja tingkat SMP-SMA.

Setiap panti asuhan dikepalai  oleh seorang pengasuh kepala panti yang bertugas untuk mendampingi anak asuh 24 jam sehari. Kebutuhan sandang dan pangan dipenuhi sesuai dengan kebutuhan. Sekolah bagi yang masih SD dicarikan yang terdekat untuk memudahkan komunikasi antar guru dan pengasuh serta mereka dapat berangkat dan pulang sekolah sendiri. Untuk SMP dan SMA menyesuaikan dengan kemampuan dan minat, tentunya dengan prioritas utama sekolah negeri. Pengesuhan di asrama panti hanya sampai tingkatan SLTA atau SMA / SMK.  Perguruan Tinggi bagi anak asuh bukanlah tidak mungkin, asalkan mampu masuk perguruan tinggi negeri, bagi mereka yang lulus test, yayasan akan berusaha mencarikan sponsor dana dari para donatur.

Kesehatan anak asuh dikelola oleh para pengasuh berserta team Poliklinik yayasanNur Hidayah. Obat-obatan dan tenaga medis selalu siap melayani kebutuhan kesehatan anak asuh. Panti juga telah bekerjasama dengan beberapa rumah sakit daerah. Ada pula beberapa donatur yang kebetulan berprofesi sebagai dokter bersedia untuk membatu dalam urusan kesehatan anak asuh.

Menjalin hubungan baik dengan para donatur sangatlah penting. Kerberlanjutan panti asuhan swasta banyak tergantung pada mereka. Rezeki yang Allah berikan kepada mereka senantiasa disisihkan sebagian untuk anak asuh. Para donatur yang memiliki usaha seringkali membuka lowongan pekerjaan bagi anak asuh yang sudah siap kerja. Anak asuh yang telah lulus SMA dan mau untuk bekerja agar mereka tetap mandiri dari orang tua akan disalurkan untuk mengisi kebutuhan tenaga dari perusahaan-perusahaan para donatur.