Soal Aksi Kriminal di Jakarta, Agus Yudhoyono: Zaman Makin Gokil

Jakarta: Calon Gubernur DKI Jakarta 2017 nomor urut 1, Agus Harimurti Yudhoyono bicara masalah kejahatan di Ibu Kota. Agus berkata perlu diterapkan sebuah hukuman yang tegas bagi para pelaku kriminal agar jera.

“Tentu kita tahu zaman makin lama makin gokil, kadang nggak pake logika gitu tiba-tiba terjadi dengan mudahnya kejadian, satu orang atau satu keluarga dibunuh gitu. Selain preventif terhadap tindakan kriminalitas di Ibu Kota juga upaya represif yang tegas,” kata Agus di Pasar Ular Plumpang, Koja, Jakarta Utara, Rabu (28/12/2016).

Untuk menerapkan hukuman yang tegas, Agus berkata perlu kerja sama dari semua pihak. Menurutnya, tak mungkin polisi, tentara setiap saat memonitor secara langsung apa yang terjadi di lingkungan warga.

Oleh karena itu, Agus berharap RT RW dimaksimalkan perannya untuk mencegah tindakan kejahatan di lingkungan masyarakat.

“Inilah saya berharap justru RT RW berperan aktif memberi edukasi dan warning dan termasuk memberi informasi yang akurat kepada penegak hukum sehingga dapat membantu penegak hukum melakukan tugasnya, mencegah dan melakukan aksi dan respons,” papar Putra sulung Ketua Umum Partai Demokrat tersebut.

Ditegaskan Agus, kehadiran aparat keamanan dan penegak hukum tak serta merta melepas tanggung jawab masyarakat untuk menjaga keamanan lingkungannya. Masyarakat harus terus berperan aktif menjaga stabilitas kondisi lingkungan sekitar mereka.

“Tentu tak serta merta melepaskan kita dari tanggung jawab untuk melindungi dan menjaga diri kita. Meningkatkan sistem keamanan lingkungan dengan IT sistem sehingga segala kegiatan di Ibu Kota termonitor sehingga masyarakat aman baik di pagi, sore dan malam hari,” tandasnya.
(detik/wan)